Blog Image

Blog

7 TIPE TUKANG BELANJA KAMU YANG MANA?

November 28, 2019
7 TIPE TUKANG BELANJA KAMU YANG MANA? image

“Yang nggak suka belanja tunjuk tangaaaan?”

Nggak ada ya kayaknya. Semua orang suka belanja. Apalagi jaman milenial kayak sekarang ini, perempuan ataupun laki-laki sama fashionable-nya, sama-sama suka belanja dan tentunya diskonan.

Tapi, tipe tukang belanja macam apakah kamu itu ada kategorinya lho. Menurut LAVAREVIEWS.COM ada 7 kategori tipe shopper berdasarkan kebiasaan saat mereka berbelanja. Nah, kira-kira tipe yang mana nih kamu:

 1. The Impulse Buyer (Cinta Pada Pandangan Pertama)

Selalu ada alasan untuk belanja. Yak, tipe ini memang tergolong tak terkendali untuk urusan yang satu ini dan bisa membuat keputusan cepat begitu melihat suatu barang yang mencuri perhatiannya. Rencana cuma beli kaos kaki, tapi pulang bisa bawa 3 shopping bag berisi sepatu, sports bra berikut training wear model terbaru dari brand kesayangan. Bisa kebawa mimpi sampai susah makan kalau sampai nggak beli.Tipe ini menjadikan belanja sebagai terapi atas suatu masalah. Bener nggaaak?

2. The Bargain Hunter (Pemburu Diskon)

Senjata utamanya adalah kupon, reward kartu kredit, point belanja dan potongan harga atau diskon pastinya. Kalau ke mall, mereka pasti akan langsung menghampiri counter bertuliskan diskon. Ada semacam adrenalin berbelanja dengan harga murah, terlepas itu barang yang mereka butuhkan atau tidak.

3. The Educated Shopper (Miss Titi Teliti)

Dari barang 5000-an sampai 500.000-an mereka akan melakukan investigasi berjam-jam sebelum melakukan pembelian, dari review, komen, blogs, forum, dan berbagai sumber. Mereka sangat tahu apa yang mereka inginkan dan akan mencari harga terbaik untuk mendapatkannya.

4. The Negotiator (Pantang Pulang Sebelum Nawar)

WAJIB NAWAR! Itu prinsipnya. Berapapun harga yang dibandrol tetap wajib ditawar, karena disitulah seni berbelanja. “Kemarin di sana harganya segini kok, ini sekalian lewat aja sih/” kata-kata yang biasa terdengar dari mereka saat menawar. Dan memenangkannya adalah sebuah kepuasan tersendiri.

5. The Brand Loyalist (Die-Hard Fans)

Mereka bukan butuh HP baru atau sepatu lama sudah rusak. Mereka rela antri panjang dari dua hari sebelumnya karena mereka merasa wajib dan menjadi loyalist sejati saat memiliki model terbaru dari brand favorit mereka, betapapun sulit mendapatkannya, berapapun harganya. Kalau perlu nabung setahun sebelumnya.

6. The Browser (Pengembara)

Tipe penikmat belanja. Mereka menikmati waktu window shopping, melihat-lihat, browsing dan dapat terbujuk dengan visual yang bagus dan benefit yang bisa didapat dari suatu penawaran atau barang, baik di pusat perbelanjaan ataupun di toko online. Dan mereka jarang merasa bersalah dengan apa yang dibelinya, they feel that they deserve to shop. Dan mereka sangat menikmati momen belanja.

7. The Practical Shopper(Tak Goyah Oleh Diskon)

Stick to the shopping list. Nggak kurang nggak lebih. Tipe ini sangat tegas dan disiplin dengan shopping list. Tidak akan tergoda walau diskon melambai-lambai di depan mata. Tipe yang tidak begitu disukai oleh para sales, karena tidak mampu ditembus dengan benefit apapun.

Jadi, tipe yang mana nih kamu? Lebih dari 1 tipe? Gapapa kok berkepribadian ganda kalau soal belanja. Yang penting ada dananya yesss.