Blog Image

Blog

TERNYATA, INI BEDA SCRUB DAN LULUR

July 13, 2020
TERNYATA, INI BEDA SCRUB DAN LULUR image

Dalam dunia perawatan tubuh istilah lulur dan scrub ini sudah tidak asing lagi. Kalau lulur mungkin kamu sendiri sudah kenal dari ibu kamu ya. Yup, Karena lulur merupakan salah satu cara perawatan tubuh tradisional Indonesia yang sudah ada sejak dahulu dan telah dilakukan turun temurun oleh kaum perempuan Indonesia.

Sedangkan scrub secara terminologi berasal dari bahasa Inggris yang artinya menggosok, adalah bentuk praktis dan modern dari lulur. Meski secara fungsi sama yaitu untuk mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih cerah dan lembut, namun ada perbedaan-perbedaan mendasar yang perlu kamu ketahui untuk dapat menentukan perawatan terbaik tubuh dan kulitmu:

1. BAHAN DASAR

Lulur: Biasanya menggunakan bahan-bahan alami dari rempah-rempah seperti cengkeh, jahe, serai, kunyit, bunga melati atau mawar.

Scrub: Umumnya menggunakan ekstrak buah-buahan.

2. TEKSTUR

Lulur: Lebih kasar dari scrub, maka untuk yang berkulit sensitif dianjurkan untuk memakai scrub.

Scrub: berupa butiran halus.

 

3. FORMULA/BENTUK

Lulur: Berupa bubuk, biasanya dicampurkan dengan air mawar. Ada juga lulur kocok yang biasanya berbentuk cair atau bertekstur pasta.

Scrub: Tekstur seperti pasta dengan butiran halus di dalamnya.

4. CARA PENGGUNAAN

Lulur: Diaplikasikan sebelum mandi saat tubuh dalam keadaan kering, balurkan secara merata, diamkan hingga kering. Rontokkan butiran lulur sampai bersih, bilas dengan air

Scrub: Basahi dulu tubuh dengan air, balurkan scrub secara merata sambil digosok perlahan. Diamkan 3-5 menit. Bilas dengan air.

 

Sekarang sudah tahu kan ya bedanya. Mau pakai yang mana untuk perawatan tubuhmu, terserah selera kamu. Tapi tentunya, pastikan yang cocok dan baik untuk kulitmu. Happy treatment #dirumahaja, Besties!