Blog Image

Blog

5 Cara Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

May 18, 2021
5 Cara Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran image

Photo by Louis Hansel on Unsplash

 

Beberapa hari lalu kita sudah merayakan Hari Raya Idul Fitri. Saat lebaran semua hidangan lezat khas lebaran disajikan di meja makan, tentunya sayang kalau nggak disantap karena momen ini hadir setahun sekali. Apalagi suasana berkumpul dengan keluarga dan kerabat membuat makan jadi terasa lebih nikmat ya, Bestie?

 

Biasanya setelah asyik menyantap hidangan hari raya, bayangan berat badan bertambah terus menghantui. Makannya, kenaikan berat badan menjadi masalah yang umum dialami banyak orang, apakah kamu termasuk salah satunya?

 

Lalu gimana kalo berat badan sudah terlanjur naik? Jangan khawatir, Bestie, kali ini SATTO mau kasih tahu cara menurunkan berat badan setelah lebaran. Simak tipsny sampai habis ya

1. Batasi Konsumsi Kue Lebaran

Kalau berat badan sudah naik kamu akan berusaha mencari cara untuk menurunkannya. Biar nggak menyesal di kemudian hari, hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu coba tertibkan dirimu dengan menahan diri dari godaan kue Lebaran.

Biasanya, kue Lebaran baru akan habis sekitar satu hingga dua bulan setelah Lebaran selesai. Namun, demi mengembalikan berat badan, kamu harus kuat menahan diri dari godaan ngemil tersebut. Sebenarnya boleh saja, namun harus memperhatikan jumlah kue yang kamu makan. Lebih baik lagi, jika kamu berhasil meninggalkan kue Lebaran.

2. Cukupi Kebutuhan Air putih

Nggak hanya menahan diri dari kue Lebaran, kamu juga harus mengonsumsi lebih banyak air putih. Sebab, air putih bisa membantu menghilangkan lemak di dalam tubuh dan juga bisa mengatasi perasaan lapar.

Hindari minuman seperti soft drink, minuman sirup buah, dan minuman yang banyak mengandung gula lainnya. Terlebih lagi setelah menyantap berbagai hidangan bersantan di Hari Raya, pastikan kamu mengonsumsi banyak air putih ya untuk menghancurkan lemak tersebut yang tentunya bisa menjadi cara menurunkan berat badan setelah Lebaran.

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah

Memang ngemil camilan atau snack ringan lebih menggoda, tapi kalau impian untuk menurunkan berat badanmu ingin tercapai harus hindari itu sementara ya, Bestie. Cobalah mengonsumsi sayuran seperti salad sayur untuk menjadi camilan.

Nah, agar tetap kenyang dan terjaga pola makanmu sebaiknya siapkan buah-buahan segar yang sudah dipotong. Ini akan jadi camilan sehat yang membuatmu kenyang sehingga nggak banyak makan masakan Lebaran yang tinggi lemak.

4. Mengurangi Konsumsi Makanan yang Manis dan Berlemak

Makanan yang berlemak serta minuman manis merupakan salah satu penyumbang kalori utama. Selain itu, jenis makanan tersebut juga merupakan sumber masalah berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, stroke, serta penyakit jantung.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu mengurangi makanan yang digoreng, daging berlemak, makanan laut (kecuali ikan), telur puyuh, aneka kue, keripik, dan minuman kemasan yang diberi tambahan gula. Pilihlah makanan yang direbus, dikukus, disteam, atau dipepes.

5. Berolahraga

Nggak bisa dipungkiri, kalau saat lebaran kamu pasti lebih memilih untuk duduk dan bersantai lebih lama di rumah kan, Bestie? Ternyata kebiasaan ini yang mengakibatkan tubuh kamu mengalami surplus kalori. Di mana jumlah kalori yang masuk akan lebih banyak daripada yang dibakar.

Kelebihan kalori tersebut akan menumpuk dalam tubuh, menjadi lemak dan membuat berat badan makin meningkat. Agar berat badan kamu nggak semakin naik, perhatikan juga asupan makanan dan jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap harinya.

 

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan berat badan setelah Lebaran, Bestie. Menurunkan berat badan memang bukan perkara mudah, dibutuhkan konsistensi dan disiplin untuk mendapatkan hasil yang sesuai ya.

 

Nah, kalau sudah berhasil mengembalikan berat badan, jangan lupa untuk merawat kulitmu, Bestie. Karena penurunan berat badan drastis bisa mengakibatkan kulitmu menjadi kendur. Tentunya kamu nggak mau hal itu terjadi kan? SATTO merekomendasikan beberapa produk SATTO Slimming Series, seperti Body Stretch Mark Cream, Body Contour, dan Anti Cellulite Gel yang berkhasiat untuk menyamarkan stretch mark ataupun selulit, dan menjaga kekencangan kulit di sekitar perut dan paha.