Blog Image

Blog

Apa Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi?

June 15, 2021
Apa Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi? image

Coba deh kamu perhatikan kondisi kulitmu, Besties. Apakah terlihat kering dan kusam? Jika iya,  penyebabnya belum tentu karena produksi minyak yang kurang ya. Mungkin bisa disebabkan oleh berbagai hal lain.

 

Kulit kering dan dehidrasi adalah masalah yang sering dialami banyak wanita. Kedua kondisi kulit ini terjadi bukan hanya kurangnya minyak alami dalam kulit. Namun, kulit kering juga nggak selalu disebabkan oleh dehidrasi loh, bisa juga akibat iritasi. 

 

Terus apa bedanya kulit kering dan dehidrasi? Karena nggak sedikit orang yang belum bisa membedakan antara kulit kering dan dehidrasi, bahkan menganggap keduanya memiliki kesamaan. Biar nggak ketuker lagi, baca artikel ini sampai tuntas yuk!

 

Apa Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi? 

 
Woman photo created by cookie_studio - www.freepik.com

Kulit kering dan dehidrasi adalah dua istilah yang sering disalahpahami dan tertukar secara makna, karena sama-sama berkaitan dengan kelembaban. Lantas, bagaimana membedakan di antara keduanya?

1. Penyebab 

Kulit kering adalah kondisi di mana kulit kekurangan lapisan sebum. Sebum ini berfungsi menjaga kelembaban kulit. Kalau kulit kamu kering, kelenjar sebaceous nggak bisa menghasilkan minyak alami yang cukup dari folikel rambut. 

Jika kulit kering terjadi ketika kulit kekurangan minyak. Pada kulit dehidrasi paling umum disebabkan ketika tubuh kekurangan asupan cairan sehingga membuat kulit tampak kering.  Adapun penyebab lainnya, seperti  suhu panas atau dingin, kurang tidur, kurangnya kelembaban udara, serta paparan sinar matahari. 

2. Tanda-tanda 

Perbedaan lain dari kulit kering dan dehidrasi terdapat pada tanda-tandanya. Pori-pori yang hampir tidak terlihat, terdapat garis-garis halus yang lebih terlihat, elastisitas kurang, dan lingkaran hitam di bawah mata yang lebih terlihat. Nggak cuma itu, kondisi kulit kering bersifat permanen dan bisa menjadi parah hingga mudah terkelupas, iritasi, dan pecah-pecah jika terkena berbagai faktor.

Sebenarnya kurang lebih serupa dengan kulit kering. Tetapi yang membedakan adalah kulit dehidrasi lebih sensitif, terdapat area yang terasa gatal pada kulit, permukaan kulit berminyak tapi kulit tetap terasa kering. 

Pori-pori kulit pun terlihat jelas disertai tekstur yang kering, kasar, bersisik, serta mudah terbentuk serpihan kulit. Kondisi kulit dehidrasi bersifat reversibel, dengan ciri-ciri kulit terasa kencang akibat proses pengikatan air yang buruk di dalamnya sehingga kulit kekurangan air. 


Cara Mengatasi Kulit Kering dan Dehidrasi 

 



Ketika kulit kehilangan kelembaban akan berpengaruh pada kondisi kulit yang menyebabkannya tampak kusam dan bersisik. Kalau sedang mengalami kondisi kulit kering atau dehidrasi, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa tips berikut ini, Besties.

  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum cukup air putih, setidaknya 8 gelas per hari.
  • Atasi kondisi penyebab dehidrasi, misalnya diare atau diabetes.

  • Gunakan moisturizer atau pelembab untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit kering.

  • Kurangi konsumsi minuman beralkohol atau minuman berkafein, seperti kopi dan teh.

Selain melakukan cara di atas, SATTO juga merekomendasikan body lotion Rose Triple Moisturizer. Dengan keharuman bunga mawar yang manis, serta kekuatan triple moisturizer ini bisa mempertahankan keseimbangan Ph kulit, menghambat penuaan dini, meredakan peradangan, serta menghidrasi dan menyegarkan kulit. 

Apabila kamu melakukan perawatan secara rutin, kondisi kulit kering atau dehidrasi bisa diatasi. Namun, jika tetap mengalaminya meski sudah merawat kulit dengan baik dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, sebaiknya konsultasikan hal tersebut kepada dokter kulit ya. 

Itu dia perbedaan kulit kering dan dehidrasi yang cukup signifikan. Jika ditarik kesimpulan, kulit kering didefinisikan sebagai jenis kulit, sedangkan dehidrasi dianggap sebagai suatu kondisi. Nah, sekarang kamu udah bisa membedakannya kan, Besties?