Blog Image

Blog

7 Fakta Kulit Bersisik

July 17, 2021
7 Fakta Kulit Bersisik image

Terlalu fokus merawat kulit wajah, kerap membuat beberapa orang mengabaikan kesehatan kulit tubuh. Hingga akhirnya menyadari bahwa kulit tubuh ternyata terlihat kusam, kering, dan bersisik. Kondisi ini tentu dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.

 

Dikutip dari hellosehat.com, saat lapisan luar kulit (yang mengandung campuran sel kulit mati dan minyak alami) rusak, maka elastisitasnya pun akan berkurang. Kerusakan tersebut membuat proses regenerasi kulit terhenti, sehingga kulit pun mengelupas dan terlihat bersisik.Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kulit bersisik, berikut ini terangkum 7 fakta penting tentang kulit bersisik yang perlu diperhatikan:

 

1. Dapat terjadi pada semua area kulit.

Tidak hanya kulit wajah, kulit bersisik juga bisa muncul pada kulit tubuh, seperti tangan dan kaki. Kondisi ini dapat disertai dengan rasa gatal serta kemerahan, yang akan mengganggu penampilan dan membuat rasa tidak nyaman. Kulit bersisik juga kerap kali ditandai dengan pecah-pecah, ruam, hingga mengelupas.

2. Kurang Minum Air Putih Perburuk Kondisi

Dikutip dari hellosehat.com, sebagian besar lapisan kulit tersusun dari air. Sehingga kulit memerlukan banyak air, agar tetap terhidrasi optimal. Jika kekurangan asupan air, maka rentan menyebabkan kulit menjadi kering, kasar, dan muncul kulit bersisik. Untuk itu, minum minimal delapan gelas air putih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan air tubuh.

 

 

Photo by Aiony Haust on Unsplash

3. Dipengaruhi Kondisi Cuaca.

Angin dan cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas, rentan mengurangi kelembaban kulit. Hal ini membuat kulit akan tampak kering dan menyebabkan kulit bersisik. Selain menggunakan pelembab, lengkapi juga perawatan kecantikanmu dengan tambahan sunscreen, agar kulit tetap terlindungi dari paparan cuaca ekstrim.

4. Perhatikan Asupan Makan.

Makanan berkabohidrat tinggi dan mengandung lemak yang tidak sehat, dapat meningkatkan risiko penuaan kulit. Sebaliknya, makanan yang kaya kandungan antioksidan akan melindungi kesehatan kulit dan mengurangi peradangan. Untuk itu, dianjurkan mengonsumsi buah serta sayuran segar, seperti sayuran hijau, tomat, blueberry, kacang-kacangan, dan alpukat. Asam lemak omega-3 yang ada pada beberapa jenis ikan (sarden dan salmon), juga dapat menjadi pilihan menu penangkal kulit bersisik.

 

Photo by Andrew Suu on Unsplash

5. Sering Mandi Perparah Kulit Bersisik.

Cukup mandi sebanyak dua kali dalam sehari. Karena mandi terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami kulit, yang akan membuat kulit menjadi kering dan memicu kulit bersisik. Suhu air saat mandi juga perlu diperhatikan. Jika terlalu panas, maka kulit akan lebih rentan menjadi kering. Pilih suhu air hangat atau suam-suam kuku. Durasi juga memengaruhi kemunculan kulit bersisik. Waktu mandi yang ideal adalah 5-10 menit (tergantung suhu air), belum termasuk dengan keramas.

6. Eksfoliasi Rutin Sangat Penting.

Menumpuknya sel-sel kulit mati, dapat menyebabkan munculnya kulit bersisik yang mengganggu penampilan. Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengelupaskan kulit dengan lembut, lakukan eksfoliasi kulit secara rutin. Misalnya dengan bantuan body scrub yang juga dapat sekaligus menjaga kelembaban kulit. Untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit tubuh, disarankan melakukan scrubbing minimal 2-3 kali dalam seminggu.

7. Dapat Dicegah.

Selain memperhatikan kebiasaan mandi, rutinitas perawatan kulit setelah mandi juga dapat membantu mencegah kulit bersisik. Usai mandi, gunakan pelembab pada seluruh bagian kulit. Usahakan untuk mengaplikasikan pelembab saat kulit masih dalam keadaan agak lembab. Cara ini akan membuat kulit lebih mudah menyerap kandungan dalam pelembab atau lotion yang kamu gunakan.

Yuk perhatikan kembali gaya hidup serta perawatan harian tubuh, sehingga terbebas dari kulit bersisik yang bisa mengganggu penampilan.